Dewan Dukung Tes Urin Bagi Calon Pengantin, Tapi Jangan Membebani Masyarakat

Lutfi-Aziz-850x500

Kementerian Agama (Kemenag) Kantor Wilayah Jawa Timur menandatangani MOU dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Timur pada 12 Juli silam. Salah satu poin kesepakatan adalah calon pengantin yang akan menikah harus bebas narkoba dengan melampirkan surat keterangan hasil tes urine ke Kantor Urusan Agama (KUA).

Menanggapi hal ini, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar, Ir. Lutfi Aziz mengaku mendukung kebijakan tes urine bagi calon pengantin. Kebijakan ini merupakan langkah yang bagus, untuk memberikan perlindungan pada generasi bangsa akan bahaya narkoba.

“Kami sangat mendukung kebijakan ini, karena kita tahu bersama bahwa peredaran narkoba sangat mengerikan. Sehingga pihak berwenang memang sudah seharusnya mengambil kebijakan yang strategis,” kata Lutfi.

Sementara terkait dengan tehnis pelayanannya seperti apa, Lutfi Aziz menambahkan akan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Dewan berharap kebijakan yang sangat bagus ini jangan sampai memberatkan masyarakat.

“Kita akan koordinasi dengan BNN maupun Dinas Kesehatan untuk mengetahui kesiapan mereka. Dan jangan sampai mebebani calon pengantin dari sisi biaya,” ungkapnya.

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Blitar akan melakukan koordinasi dengan Kementrian Agama (Kemenag) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blitar soal pelaksana teknis tes urine sebelum menikah.

Sementara Kepala BNN Kabupaten Blitar, AKBP Bagus Hari Cahyono, mengatakan koordinasi antar lembaga harus dilakukan untuk membagi tupoksi teknis pelaksanaan tes urine kepada calon mempelai. Hal ini dilakukan agar pelaksanaannya tidak tumpang tindih.

“Sinergi antara BNN, Kemenag dan Dinas Kesehatan harus dilakukan. Selain itu kebijakan ini dilakukan agar calon mempelai nanti steril sehingga generasi penerus misalnya tidak cacat seumur hidup,” kata AKBP Bagus Hari Cahyono.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Posts

Dewan Dukung Tes Urin Bagi Calon Pengantin, Tapi Jangan Membebani Masyarakat

Sekretariat DPRD merupakan unsur pelayanan terhadap DPRD yang dipimpin oleh Sekretaris DPRD yang melaksanakan tugasnya secara teknis operasional berada dibawah dan tanggung jawab kepada pimpinan DPRD dan secara administratif bertanggung jawab pada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

SEKRETARIAT

  • (0342) 801245 – 801265
  • sekretariat.dprd@blitarkab.go.id
  • Jalan Kota Baru No. 10, Kanigoro, Blitar

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Blitar

© 2019 Hak Cipta dilindungi Undang-undang

Layout@DK

Processing
47%