Dewan Fasilitasi Petani Diskusi Tentang Pengembangan Varietas Unggul

1

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar menggelar diskusi tentang pengembangan varietas unggul sayuran untuk peningkatan ketahanan pangan keluarga, Jumat (30/08/2019) di ruang rapat kerja DPRD Kabupaten Blitar.

Ketua DPRD Kabupaten Blitar sementara, Suwito mengatakan kegiatan siang itu digelar dalam rangka memfasilitasi petani yang tergabung dalam Asosiasi Bank Benih dan Teknologi Tani Indonesia, untuk melaksanakan diskusi dengan Dosen Ilmu Pemuliaan dari IPB. Diskusi siang itu juga diikuti oleh perwakilan petani dari 22 Kecamatan, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan serta Kepla Bappeda Kabupaten Blitar.

“Kegiatan semacam ini perlu dilakukan, agar petani bisa memiliki wawasan yang luas dalam bidang pertanian,” katanya.

Suwito juga berharap petani semakin termotivasi untuk melakukan inovasi-inovasi baru dalam rangka pengembangan varietas sayuran. Sehingga nantinya akan muncul benih-benih unggul hasil inovasi dari petani asal Kabupaten Blitar.

“Jika petani sudah mampu mengembangkan varietas unggul, tentunya akan meningkatan ketahanan pangan bagi keluarga. Selain itu juga yang perlu dilakukan edukasi pada warga terkait pemanfaatan lahan untuk menanam tanaman produktif seperti sayur-sayuran,” ungkap Suwito.

 

Dalam diskusi siang itu banyak sekali pertanyaan tehnis yang disampaikan pada narasumber. Dimana dari hasil diskusi tersebut Pemerintah Kabupaten Blitar berencana akan membuat kerja sama dengan pihak IPB dalam rangka pengembangan varietas unggul. Hal ini seperti yang disampaikan Kepala Bappeda Kabupaten Blitar, Ir. Suwandito. Pihaknya akan melaporkan pada Bupati Blitar hasil diskusi siang itu, untuk selanjutnya nanti secara tehnis bentuk perjanjiannyan akan di bahas oleh Dinas Pertanian dan Pangan.

“Kami sangat tertarik dengan pemaparan yang disampaikan Prof. Dr. M. Syukur, Sp, MSi, karena beliau mampu mengembangkan berbagai varietas benih yang bisa disesuaikan dengan geografis suatu daerah,” kata Suwandito.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar, Ir Wawan Widianto mengatakan petani di Kabupaten Blitar saat ini semakin kreatif, sehingga pemerintah sangat mendukung jika akan dilakukan pengembangan varietas unggul.

“Semoga kedepan kami bisa bekerjasama dengan IPB, agar kesejahteran petani semakin meningkat,” ungkapnya.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Sekretariat DPRD merupakan unsur pelayanan terhadap DPRD yang dipimpin oleh Sekretaris DPRD yang melaksanakan tugasnya secara teknis operasional berada dibawah dan tanggung jawab kepada pimpinan DPRD dan secara administratif bertanggung jawab pada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

SEKRETARIAT

  • (0342) 801245 – 801265
  • sekretariat.dprd@blitarkab.go.id
  • Jalan Kota Baru No. 10, Kanigoro, Blitar

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Blitar

© 2019 Hak Cipta dilindungi Undang-undang

Layout@DK