Focus Penangan Covid-19, Pembahasan Ranperda di DPRD Kabupaten Blitar Tidak Bisa Maksimal

Focus Penangan Covid-19, Pembahasan Ranperda di DPRD Kabupaten Blitar Tidak Bisa Maksimal

Blitar – Sejumlah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) di Kabupaten Blitar ditargetkan bisa selesai dibahas tahun ini. Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito, mengatakan ada beberapa diantaranya hampir selesai dan diperkirakan bisa disahkan menjadi Perda dalam waktu dekat.

“Ada beberapa ranperda yang hampir selesai pembahasan, seperti Ranperda Retribusi Jasa Umum, serta Ranperda Penataan Pedagang Kaki Lima,” katanya.

Suwito mengatakan saat ini semua pihak masih focus menangani penyebaran Covid-19. Kondisi berpengaruh terhadap pembahasan Ranperda di DPRD Kabupaten Blitar yang dilakukan oleh Pansus belum bisa dilaksanakan dengan maksimal.

“Untuk pembahasan Ranperda sejak adanya wabah Covid-19 ini belum bisa kami lakukan, karena pembahasan harus melibatkan pengusul Perda dalam hal ini OPD terkait. Sementara OPD saat ini masih konsentrasi dalam menangani persoalan Covid-19,” kata Politisi PDI Perjuangan ini.

Dengan mempertimbangan kondisi yang belum memungkinkan untuk mengumpulkan orang dalam jumlah banyak, Suwito mengungkapkan untuk waktu pembahasan Ranperda bisa dilakukan secara fleksibel. Sehingga jika dalam penyelesainnya membutuhkan perpanjangan waktu, maka pansus bisa mengusulkan untuk dilakukan perpanjangan waktu pembahasan.

“Kondisinya saat ini memang tidak normal, sehingga rapat-rapat kerja dengan mitra komisi di focuskan terkait dengan penanganan Covid-19. Selain itu rapat dengan OPD mitra dilakukan dengan melalui teleconference, dan jika diharuskan tatap muka selalu diterapkan protokol kesehatan,” katanya.(Adm)

administrator

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *