Kasus Demam Berdarah Meningkat, Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar Menghimbau Masyarakat Tingkatkan Kebersihan

Kasus Demam Berdarah Meningkat, Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar Menghimbau Masyarakat Tingkatkan Kebersihan

Blitar – Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Blitar kian hari makin bertambah. Terhitung Hingga April 2020, jumlah kasus demam berdarah di Kabupaten Blitar mencapai 137 orang. Jumlah ini kemungkinan bertambah, mengingat saat ini sedang pergantian musim seperti saat ini.

Sekretaris Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar, Medi Wibawa, ST mengatakan, melihat kondisi itu, masyarakat dihimbau agar meningkatkan kebersihan, seperti rutin menerapkan 3 M, yakni menguras, menutup, dan mendaur ulang limbah yang kemungkinan bisa digunakan sebagai barang yang bermanfaat daripada menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk penyebab demam berdarah.

Menurutnya, kondisi saat ini cukup berat, karena juga dalam situasi Pandemi Covid-19. Namun disisi lain, kasus demam berdarah tetap menjadi masalah yang harus diperhatikan. Untuk itu agar tidak bertambah parah dan memperumit masalah, pihaknya berharap kepada masyarakat agar meningkatkan kesadaran terhadap kebersihan lingkungannya.

” Masyarakat harus menerapkan 3 M guna mencegah pembiakan nyamuk Aedes aegpty disekitar rumah.Usahakan untuk mendaur ulang barang limbah yang bisa digunakan kembali dan terlebih berpotensi menjadi tempat berkembang biak nyamuk.” tutur Medi Wibawa.

Medi Wibawa, ST. juga menambahkan, sesuai informasi yang diterimanya, Dinas Kesehatan sudah melakukan penyemprotan atau fogging di tempat yang terjadi kasus demam berdarah, kemudian melakukan survey lokasi melalui pelaporan, dan penguatan tata laksana demam berdarag bagi petugas kesehatan.

” Dari Dinas Kesehatan sudah melakukan tindakan preventif dengan melakukan fogging di tempat yang memiliki kasus demam berdarah dan telah melakukan survey lokasi melalui pelaporan dari petugas medis.” tutur sekretaris Komisi IV tersebut.

Dinas Kesehatan juga menghimbau kepada masyarakat, jika terindikasi terkena demam berdarah dengan ciri-ciri demam tinggi mendadak terus-menerus, sakit kepala berat terutama bagian dahi, sakit di belakang bola mata, nyeri pada tubuh dan sendi-sendi dan mual muntah, segera memeriksakan ke tenaga medis.Serta menghimbau kepada orang tua agar menjaga anak-anak dimana memiliki kondisi tubuhnya masih rentan terserang penyakit.(Adm)

administrator

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *