Komisi II DPRD Kabupaten Blitar Pantau Penyaluran Bansos dan Usulkan Aplikasi Data Penerima

Komisi II DPRD Kabupaten Blitar Pantau Penyaluran Bansos dan Usulkan Aplikasi Data Penerima

Blitar – Komisi II DPRD Kabupaten Blitar, lakukan Pengawasan dalam daerah yang berfokus dalam pemantauan penyaluran bantuan sosial (bansos) bagi warga terdampak Covid-19. Sejumlah desa sudah dikunjungi saat proses penyaluran bansos.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Blitar, Idris Marbawi mengatakan, penyaluran bantuan sosial, salah satunya Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) sudah melalui prosedur yang benar dan tepat. Pihaknya juga mengapresiasi para petugas, karena ditengah bulan puasa masih semangat menjalankan tugasnya.

Meski demikian, komisi II menilai perlu ada perhatian khusus mengenai permasalahan data yang ada di paling bawah. Selain harus segera diperbaiki, dewan berharap nantinya ada satu pintu aplikasi untuk pendataan dan penerima bantuan yang bersumber dari beberapa pos. Sehingga, dengan satu aplikasi dan berbasis kartu keluarga (KK), ia meyakini tidak akan terjadi dobel penerima bantuan.

” Kita sangat mengapresiasi petugas penyaluran bantuan yang tetap bekerja saat menunaikan ibadah puasa seperti ini. Terkait data penerima bantuan yang masih dobel, kita harus memberikan perhatian khusus mengenai permasalahan data penerima tersebut. Kita sarankan untuk membuat aplikasi untuk pendataan dan penerima bantuan dengan berbasis kartu keluarga, dengan begitu tidak akan ada warga yang menerima bantuan secara dobel.” Tutur Politisi PKB tersebut.

Untuk diketahui, saat ini Kabupaten Blitar telah menerapkan aplikasi SIKS -NG (Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation). Aplikasi ini digunakan untuk menghindari adanya kekeliruan dan ketidak validan data penerima manfaat bantuan pangan non tunai (BPNT). (Adm)

administrator

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *