Pembentukan Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Blitar Ditargetkan Terbentuk Minggu Ini

WhatsApp Image 2019-09-02 at 11.13.55

Pasca pelantikan anggota DPRD Kabupaten Blitar masa jabatan 2019 – 2024, yang dilaksanakan Selasa (27/08/2019) lalu, tahap selanjutnya adalah pembantukan fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Blitar.

Sekretaris DPRD Kabupaten Blitar, Drs. Izul Marom, M.Sc mengatakan salah satu tugas dari Pimpinan Sementara DPRD adalah memfasilitasi pembentukan fraksi-fraksi. Untuk itu Pimpinan Sementara DPRD Kabupaten Blitar mengundang Ketua DPC/DPD Partai Politik di Kabupaten Blitar membahas persiapan pembentukan fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Blitar, Senin (02/09/2019).

“Hari ini kita lakukan rapat persiapan pembentukan fraksi-fraksi dengan menghadirkan ketua DPC/DPD Parpol yang memiliki wakil di DPRD kabupaten Blitar,” ungkapnya.

Izul Marom menambahkan pembentukan fraksi-fraksi ditargetkan pada minggu ini harus sudah terbentuk. Pasalnya jika fraksi-fraksi belum terbentuk alat kelengkapan DPRD Kabupaten Blitar belum bisa terbentuk juga.

“Dalam rapat tadi disepakati minggu ini sudah ada nama-nama fraksi termasuk kepengurusannya, sehingga bisa dilakukan penetapan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ungkap Izul.

Sementara itu sesuai dengan ketentuan, untuk jumlah fraksi minimal sama dengan jumlah komisi. Di DPRD Kabupaten Blitar ada empat komisi, sehingga jumlah fraksi minimal empat orang. Untuk itu lanjut Izul Marom, bagi partai politik yang jumlah anggotanya tidak sampai empat orang harus bergabung dengan partai lainnya.

“Ada beberapa partai yang jumlah anggotanya tidak sampai empat orang, seperti Partai Golkar anggotanya tiga orang, Partai Demokrat dua orang, PPP dan PKS masing-masing satu orang,” katanya.

Setelah rapat persiapan pembentukan fraksi-fraksi DPRD selesai, Pimpinan Sementara DPRD Kabupaten Blitar dilanjutkan rapat bersama Ketua DPC/DPD partai Politik membahas persiapan pimpinan DPRD definitif periode 2019 – 2024.

Rapat di pimpim Ketua Sementara DPRD Kabupaten Blitar, Suwito, dan Wakil Ketua Sementara, H. Abdul Munib, SIP. Dari PDI Perjuangan diwakili oleh Budi Susila Jaya, PKB diwakili Idris Marbawi, dari PAN hadir Ketua DPD, Ir. H.M Heri Romadhon, MM, dan dari Partai Gerindara dihadiri Ketua DPC, Mujib, SM.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Sekretariat DPRD merupakan unsur pelayanan terhadap DPRD yang dipimpin oleh Sekretaris DPRD yang melaksanakan tugasnya secara teknis operasional berada dibawah dan tanggung jawab kepada pimpinan DPRD dan secara administratif bertanggung jawab pada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

SEKRETARIAT

  • (0342) 801245 – 801265
  • sekretariat.dprd@blitarkab.go.id
  • Jalan Kota Baru No. 10, Kanigoro, Blitar

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Blitar

© 2019 Hak Cipta dilindungi Undang-undang

Layout@DK