Pimpinan DPRD Bersama Bupati Lakukan Gelar Rapat Konsultasi Terkait Refocusing Dan Realokasi Anggaran Tahun 2020

Pimpinan DPRD Bersama Bupati Lakukan Gelar Rapat Konsultasi Terkait Refocusing Dan Realokasi Anggaran Tahun 2020

Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar melakukan rapat konsultasi bersama Bupati Blitar mengenai perkembangan penanganan Covid-19, Senin (04/05).

Pada kesempatan siang itu, hadir Ketua DPRD,  Suwito,  dan Wakil Ketua DPRD,  H.  Abdul Munib,  SIP,  Susi Narulita K. D,  SIP dan Mujib,  SM.Sementara Bupati Blitar, Drs.  Rijanto,  MM,  juga hadir didampingi tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Ditemui usai kegiatan rapat konsultasi, Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana refocusing dan realokasi APBD tahun 2020, untuk penanganan Covid-19. Apakah anggaran yang sudah dilakukan penggeseran sudah memenuhi kebutuhan atau belum.

“Kami ingin mengetahui secara langsung dari Bupati,  apakah anggarab yang sudah di geser ini bisa mengcover kebutuhan warga, “katanya.

Suwito mengaku telah mendapat pemaparan secara langsung dari Bupati,  tentang perkembangan kondisi pandemi Covid-19 di Kabupaten Blitar dengan jelas. Mulai dari jumlah ODP, PDP, pasien positif, dan pasien yang dinyatakan sembuh karena virus corona.

“Peta penyebaran virus corona di Kabupaten Blitar secara pasti ini perlu kita ketahui, sebagai dasar pengambilan langkah-langkah strategis untuk memutus mata rantai penyebaran virua covid-19,” tutur Suwito.

Dalam persoalan ini Pemerintah harus hadir ditengah – tengah warga yang terkena dampak penyebaran virus corona. Dimana dampak ekonomi sangat dirasakan warga,  sehingga program pemerintah untuk pengamanan sosial harus tepat sasaran.

“Beragam masalah muncul,  seperti dampak ekonomi.  Kita mendukung upaya dari pemerintah dalam memberikan perlindungan untuk perekonomian warga.  Tapi harus sesuai ketentuan yang berlaku, ” kata Suwito.

Pilitisi Pdi Perjuangan ini juga menekankan agar Pemda membangun kesadaran warga agar disiplin mematuhi anjuran Pemerintah.  Karena menurutnya kunci pencegahan ada di kedisiplinan, seperti menjaga jarak dan memakai masker.

“Jika kedisiplinan bisa dilakukan, maka dampak yang ditimbulkan diyakini akan semakin kecil,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan secara detail kepada dewan terkait perkembangan penanganan Covid-19.

“Baik anggaran maupun upaya kuta dalam penanganan covid-19 sudah kami paparkan secara detail. Dewan memberikan respon yang baik dan memahami kondisi yang ada saat ini,” ungkapnya.

Rijanto menambahkan jika DPRD mendukung terus langkah penanganan Covid-19 di Kabupaten Blitar. Untuk itu kita akan terus melakukan upaya yang maksimal untuk memberikan perlindungan pada warga.

“Mari kita sama-sama berupaya menangani pandemi Covid-19 ini,  sehingga mata rantai penyebaran bisa kita putus,” kata rijanto. (adm)

administrator

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *