Blitar –Setelah sempat tertunda, DPRD Kabupaten Blitar menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama tentang Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021 – 2026 akhirnya digelar di ruang rapat DPRD Kabupaten Blitar, Sabtu (17/4/2021) malam.

Sebanyak 29 Anggota Dewan hadir dalam Rapat Paripurna tersebut. Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito mengatakan rancangan awal RPJMD memuat hal hal umum untuk lima tahun kedepan, dan detailnya dirancangan akan dimuat dalam perda tentang RPJMD.

“Pembahasan RPJMD dengan DPRD yang merupakan perwakilan dari masyarakat bertujuan untuk menyelaraskan tujuan dan program pembangunan lima tahun yang telah disusun dalam dokumen RPJMD dengan memperhatikan permasalahan dan isu strategis yang dihadapi oleh masyarakat untuk lima tahun kedepan. Rancangan awal RPJMD ini hanya memuat hal-hal yang umum dan detailnya nanti dirancangan perda tentang RPJMD, dan ranwal ini diberi waktu 10 hari, kalau 10 hari ini belum selesai maka prosespun akan tetap berlanjut dan Dewan dianggap setuju. Sehingga perlu penundaan Rapat Paripurna, seperti kemarin Jumat (16/4/2021). Penundaan itu untuk mengkonfirmasi beberapa hal seperti contohnya sekolah gratis, sarana produksi pertanian dan beberapa hal lain, ” ucap Suwito.

Lebih lanjut Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito, mengatakan kedudukan RPJMD ini sangat penting dan strategis dalam arah pembangunan sebab keberadaannya dibutuhkan untuk pedoman kinerja seluruh OPD.

“RPJMD ini merupakan dokumen politik yang nantinya menjadi acuan bagi OPD. Perencanaan RPJMD tahun 2021-2026 harus disusun secara komprehensif data-data dan informasi yang disajikan benar-benar valid dan harus sesuai dengan keadaan sesungguhnya. Perencanaan memiliki kontribusi yang taraf maksimal dalam upaya kita membangun Kabupaten Blitar kearah yang lebih baik,” jelas Suwito dalam paparannya.

Sementara itu, Bupati Blitar, Rini Syarifah yang ditemui setelah Penandatanganan mengatakan bahwa rancangan awal RPJMD sudah sesuai dengan visi misi.

” Rancangan awal RPJMD sudah sesuai dengan visi dan misi, saya berharap semoga jika sudah menjadi perda dapat membangun Kabupaten Blitar dengan lebih baik lagi,” Ucapnya.

Acara dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Blitar,  Suwito didampingi Wakil Ketua I H. Abdul Munib, SIP, Wakil Ketua II Susi Narulita KD, SIP dan , Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Blitar Mujib SM. Turut hadir Bupati Blitar,  PJs Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, dan dari OPD lain. Rapat Paripurna juga di gelar secara virtual untuk mengurangi kerumunan. (Adm-Humas)